Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Penyakit Bulai Pada Jagung

Cara mengatasi penyakit bulai pada jagung

Cara mengatasi penyakit bulai pada jagung

PENCEGAHAN PENYAKIT BULAI JAGUNG Pemupukan pertama sebaiknya jangan menggunakan urea, gunakan Phonska + SP, atau bisa juga ditambah ZA dan Organik. Selanjutnya pemupukan tahap kedua gunakan pupuk ZA+Ponska+organik dan pemupukan terakhir gunakan Urea.

Apakah bulai pada jagung bisa diobati?

Perlakukan benih dengan fungisida Karena Peronosclerospora maydis merupakan jenis jamur, maka petani dapat mengatasinya dengan menggunakan fungisida. Namun, fungisida yang digunakan untuk mengatasi penyakit bulai jagung di sini adalah fungisida berbahan aktif belerang atau tembaga.

Apa yang menyebabkan penyakit bulai pada jagung?

Penyakit bulai pada jagung disebabkan oleh jamur Peronosclerospora spp. Penyakit bulai di Indonesia umumnya disebabkan oleh P. Maydis, P. Sorghi, atau P. Phillipinensis.

Apakah jagung bulai bisa berbuah?

Akibat lebihlanjutnya tanaman jagung yang terserang bulai dipastikan tidak akan mampu berbuah.

Apa Penyebab daun jagung berwarna putih?

Penyakit bulai disebabkan oleh infeksi jamur Peronosclerospora maydis. Tanaman yang terserang cederung mengalami perubahan warna daun jagung dari hijau menjadi kuning keputih-putihan. Istilah “ bule” diambil dari istilah turis asing yang berkulit putih.

Apa itu hawar daun pada jagung?

Hawar daun merupakan salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan kehilangan hasil panen jagung hingga 70 %. Penyebab dari adanya penyakit hawar daun jagung adalah jamur Exserohilum turcicum (syn. Drechslera turtica Jain, Helminthosporium turcicum) (Gupta, 2002).

Bagaimana gejala tanaman terserang penyakit bulai?

Waktu keluarnya spora pada pagi hari, jam 04,00 sampai dengan 05,30. Gejala serangan penyakit ini secara umum adalah (1) Ada bercak berwarna klorotik memanjang searah tulang daun dengan batas yang jelas (2) Adanya tepung berwarna putih pada bercak tersebut (terlihat lebih jelas saat pagi hari) (3) Daun yang terkena

Apa yang dimaksud dengan bercak daun?

Bercak daun adalah salah satu penyakit tanaman yang bisa menghambat proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman sehingga harus diatasi dengan serius bila telah menyerang. Alangkah baiknya sebelum penyakit ini menyerang dilakukan proses penyegahan terlebih dahulu.

Bagaimana Ciri jagung yang sudah siap panen?

Ciri jagung yang siap dipanen adalah: 1. Umur panen adalah 86-96 hari setelah tanam. 2. Jagung siap dipanen dengan tongkol atau kelobot mulai mengering yang ditandai dengan adanya lapisan hitam pada biji bagian lembaga.

Apakah jagung bulai harus dicabut?

Jika terdapat tanaman yang mulai menunjukkan gejala penyakit bulai, sebaiknya segera dicabut atau dibakar agar penyakitnya tidak menular pada tanaman jagung yang sehat.

Apa penyebab tanaman jagung kerdil?

Kekurangan Magnesium (Mg) Tanaman jagung yang kekurangan magnesium maka akan tumbuh kerdil, bagian atas daun akan berwarna kuning dengan garis-garis tak normal berwarna putih.

Kenapa daun jagung berwarna kuning?

Penyebab penyakit ini adalah Peronosclerospora maydis, gejala penyakit ini adalah warna kuning memanjang pada daun jagung.

Bagaimana gejala tanaman jagung yang terserang penyakit hawar daun?

Gejala Awal terinfeksinya hawar daun yaitu menunjukkan gejala berupa bercak kecil berbentuk oval kemudian bercak semakin memanjang berbentuk ellips dan berkembang disebut hawar. Warnanya pada daun hijau keabu-abuan atau coklat.

Hama apa saja yang sering menyerang tanaman jagung?

Hama utama pada tanaman jagung meliputi Penggerek Batang jagung (Ostrinia furnacalisGuen), Ulat Grayak (Spodoptera litura.), Penggerek tongkol jagung (Helicoverpa armigera Hbn. Noctuidae: Lepidotera), Lalat bibit (Atherigonasp), dan hama kumbang bubuk (Sitophilus zeamais).

Mengapa tanaman jagung menggulungkan daunnya pada saat musim kemarau?

Penggulungan daun dapat memperkecil luas permukaan daun yang terpapar pada sinar matahari, sehingga mengurangi laju transpirasi pada tanaman.

Apa yang dimaksud dengan penyakit bulai?

Penyakit bulai merupakan gejala dari serangan Oomycetes dari suku Peronosporaceae (downy mildew). Khususnya marga Peronosclerospora yang ditemukan pada berbagai anggota rumput-rumputan (Poaceae). Serangan penyakit tersebut telah merambah di seluruh dunia dengan cara menginfeksi tanaman inang.

Antracol obat untuk apa?

Antracol 70 WP adalah fungisida kontak berbentuk tepung berwarna krem yang dapat digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis penyakit pada tanaman yang disebabkan oleh jamur/cendawan.

Mengapa terdapat bercak bercak kuning pada kedua daun tersebut?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bintik kuning di daun tanaman bisa karena jamur, virus, hingga kekurangan unsur magnesium dan nitrogen.

Apa penyebab karat daun?

Penyakit karat pada tanaman jagung disebabkan oleh cendawan Puccinia polysora dan Puccinia sorghi (Schieber, 1977). Penyakit ini sering menjadi penyebab utama menurunnya hasil produksi di beberapa sentra produksi tanaman jagung di Indonesia.

Pemupukan jagung ke 3 umur berapa?

Dan pemupukan ketiga setelah jagung berusia 30-40 hari setelah tanam dengan komposisi Urea 200Kg/Ha. Pembersihan rumput sebaiknya dilakukan secara terus menerus sampai buah jagung sudah mulai tua dan batang jagung sudah mulai mengering.

15 Cara mengatasi penyakit bulai pada jagung Images

Pinterest

Pinterest

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Poster Penyakit Sistem Reproduksi  Sistem reproduksi Penyakit Pendidikan

Poster Penyakit Sistem Reproduksi Sistem reproduksi Penyakit Pendidikan

Cara merawat bayi Tentang Bayi dari AZ panduan merawat bayi

Cara merawat bayi Tentang Bayi dari AZ panduan merawat bayi

Serangan Jantung Tanda Awal Dan Cara Merawatnya Pcos Get Fit Body

Serangan Jantung Tanda Awal Dan Cara Merawatnya Pcos Get Fit Body

Talenta Jagung Manis Pendek dan Tahan Bulai  Sayuran Jagung Buah

Talenta Jagung Manis Pendek dan Tahan Bulai Sayuran Jagung Buah

Pin di PENGOBATAN HIV AIDS

Pin di PENGOBATAN HIV AIDS

Mengatasi penyakit lewat kata Dan

Mengatasi penyakit lewat kata Dan

Jagung Manis Secada Andalan Petani Buah Jumbo Tahan Bulai  Petani

Jagung Manis Secada Andalan Petani Buah Jumbo Tahan Bulai Petani

Penyakit ain dan rawatannya  Kutipan agama Doa Instagram

Penyakit ain dan rawatannya Kutipan agama Doa Instagram

Bunga Jagung  Bunga Jagung

Bunga Jagung Bunga Jagung

Langkah Mudah Mengurangi Pemakaian Plastik  Lingkungan hidup Polusi

Langkah Mudah Mengurangi Pemakaian Plastik Lingkungan hidup Polusi

Corn Silk Corn harvesting time Save your Corn Silks Most people

Corn Silk Corn harvesting time Save your Corn Silks Most people

6 Cara Menjaga Ginjal Selalu Sehat  Pendidikan kesehatan Kutipan

6 Cara Menjaga Ginjal Selalu Sehat Pendidikan kesehatan Kutipan

Post a Comment for "Cara Mengatasi Penyakit Bulai Pada Jagung"