Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Administrasi Keuangan Dalam Arti Sempit

Dalam artian sempit, administrasi keuangan selalu dihubungkan dengan urusan pendataan, catat mencatat, dan pengaturan alur dana. Secara lebih luas, administrasi dipahami sebagai bagian perusahaan yang melakukan pengelolaan dana secara menyeluruh baik dalam bentuk perencanaan, pengawasan, dan lainnya.

Apa yang dimaksud dengan administrasi keuangan?

Administrasi keuangan adalah proses pengelolaan yang melibatkan semua kegiatan yang berhubungan dengan keuangan, pembuatan laporan keuangan, dan pencapaian tujuan untuk kepentingan bersama. Agar sistem keuangan bisa teratur maka diperlukan budget atau anggaran.

Apa saja administrasi keuangan?

Sedangkan dalam artian sempit, administrasi keuangan adalah kegiatan yang terdiri dari beberapa orang profesional dalam mengelola berbagai tugas administrasi perusahaan. Kegiatan ini mencakup dalam hal akuntansi, operasi keuangan, pelaporan keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan manajemen fasilitas.

Apa yang dimaksud dengan administrasi keuangan pribadi?

OTK KEUANGAN. semua aktivitas yang berhubungan dengan pencatatan pemasukan dan pengeluaran untuk pembiayaan berbagai kegiatan organisasi, dimana bentuknya berupa tata usaha atau tata pembukuan keuangan.

Apa yang dimaksud dengan administrasi dalam arti luas?

Administrasi dalam arti luas diartikan sebagai kerjasama. Istilah administrasi berhubungan dengan kegiatan kerjasama yang dilakukan manusia atau sekelompok orang sehingga tercapai tujuan yang diinginkan.

Jelaskan dalam arti luas apa saja yang dimaksud dengan keuangan Negara?

Pengertian keuangan negara yang tercantum dalam pasal 1 angka 1 UU No 17 Tahun 2003 tentang keuangan negara ditegaskan bahwa keuangan negara adalah semua hak dan kewajiban negara yang dpaat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun berupa barang yang dapat dijadikan milik negara berhubung dengan

Apakah yang dimaksud dengan administrasi keuangan dan fungsi administrasi keuangan?

Administrasi Keuangan adalah suatu upaya pengelolaan yang mencakup semua aktivitas yang berhubungan dengan keuangan guna mencapai tujuan suatu perusahaan atau organisasi.

Jelaskan apa tujuan dari administrasi keuangan?

Tujuan Administrasi Keuangan Selain mengetahui pengertian administrasi keuangan, Anda juga perlu tahu apa tujuan dari adanya administrasi keuangan. Pada dasarnya, tujuan dari administrasi keuangan yaitu untuk memproses dan mengatur keuangan perusahaan dengantujuan agar sistem keuangan perusahaan berjalan dengan baik.

Mengapa diperlukan administrasi keuangan?

Pentingnya Fungsi Administrasi Keuangan Fungsi administrasi keuangan juga berguna untuk memastikan sistem keuangan perusahaan berjalan dengan baik serta mempermudah transaksi keuangan. Selain itu, dengan diadakannya administrasi keuangan, perusahaan dapat dengan mudah memproses pengeluaran dan pemasukan uang.

Terbagi Berapakah proses administrasi dalam arti sempit?

Administrasi dalam arti sempit inilah yang sebenarnya lebih tepat disebut tata usaha (clerical work / office work). Seluruh kegiatan ketatausahaan dapat dirangkum dalam tiga kelompok, yaitu korespondensi, ekspedisi, dan pengarsipan.

Administrasi apakah yang paling sempit ruang lingkupnya?

Administrasi Dalam Arti Sempit Sementara itu, menurut Atmosudirjo, administrasi bisa ditinjau dari lingkup kerja sempit, yaitu hanya berkisar pada kegiatan tata usaha kantor (office work) seperti tulis-menulis, pengetikan surat-menyurat, agenda, kearsipan, dan pembukuan.

Apakah kegiatan yang dilakukan bagian administrasi termasuk dalam arti sempit atau luas?

Jawaban. Pengertian administrasi secara sempit adalah proses kegiatan berupa catat mencatat, surat-menyurat, ketik mengetik, pembukuan ringan, agenda dan lain-lain yang bersifat tekhnis ketatausahaan.

Apa ruang lingkup dari keuangan negara?

Ruang Lingkup Keuangan negara meliputi hak negara untuk memungut pajak, mengeluarkan dan mengedarkan uang, dan melakukan pinjaman; kewajiban negara untuk menyelenggarakan tugas layanan umum pemerintahan negara dan membayar tagihan pihak ketiga; Penerimaan Negara, Pengeluaran Negara; Penerimaan Daerah; Pengeluaran Page

Apa Perbedaan keuangan negara dan keuangan privat?

Keuangan privat: jenis pengelolaan keuangan yang dilakukan untuk kepentingan pribadi. Keuangan negara: jenis pengelolaan keuangan yang berkaitan dengan anggaran negara.

Apa yang dimaksud dengan keuangan negara dan ruang lingkupnya?

Keuangan Negara adalah hak dan kewajiban yang dapat dinilai dengan uang dan segala sesuatu baik berupa uang maupun barang dapat dijadikan hak milik negara. Keuangan negara sebagai sumber pembiayaan dalam rangka pencapaian tujuan negara tidak boleh dipisahkan dengan ruang lingkup yang dimilikinya.

Apa saja jenis jenis administrasi?

Jenis administrasi

  • Adminitrasi perkantoran. Adalah jenis adminitrasi yang aktivitasnya meliputi perencanaan keuangan, pencatatan, distribusi barang, dan personalia.
  • Adminitrasi negara.
  • Adminitrasi keuangan. ...
  • Administrasi pendidikan. ...
  • Administrasi niaga.

Apa yang dimaksud administrasi dalam arti sempit dan berikan contoh?

Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.

Apa yang disebut dengan administrasi secara sempit Menurut The Liang Gie?

3.The Liang Gie Administrasi merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan suatu kelompok berkenaan dengan hubungan kerjasama dalam mencapai tujuan tertentu.

Diantara berikut ini manakah yang termasuk kegiatan administrasi secara sempit?

Jawaban. Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.

Apa saja tiga unsur dalam administrasi?

Unsur administrasi

  • Dua orang manusia atau lebih. Unsur pokok yang harus ada dalam administrasi karena setiap manusia membutuhkan bantuan orang lain.
  • Tujuan. Merupakan nilai atau kebutuhan manusia, baik secara jasmani ataupun rohani. ...
  • Tugas dan pelaksanaan. ...
  • Peralatan dan perlengkapan.

Post a Comment for "Pengertian Administrasi Keuangan Dalam Arti Sempit"