Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Asuhan Kebidanan

Pengertian asuhan kebidanan

Pengertian asuhan kebidanan

Menurut Kemenkes RI (2016), asuhan kebidanan merupakan kegiatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada klien yang memiliki masalah atau kebutuhan pada masa kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, dan keluarga berencana.

Apa tujuan dari asuhan kebidanan?

Tujuan utama asuhan kebidanan untuk menyelamatkan ibu dan bayi (mengurangi kesakitan dan kematian).

Asuhan kebidanan meliputi apa saja?

MACAM-MACAM ASUHAN KEBIDANAN

  • Asuhan kebidanan pada ibu bersalin.
  • Asuhan kebidanan pada ibu nifas.
  • Asuhan kebidanan pada bayi baru lahir.
  • Asuhan kebidanan pada neonatus & balita (sehat/sakit)
  • Asuhan kebidanan pada pelayanan KB.
  • Asuhan kebidanan pada gangguan system reproduksi.

Apakah itu asuhan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata asuhan adalah (anak dan sebagainya) yang diasuh. Contoh: Ia lupa akan asuhannya. Arti lainnya dari asuhan adalah hasil mengasuh.

Berapa kali ANC pada ibu hamil?

Pelaksanaan ANC minimal 8 kali bagi setiap ibu hamil sangata dianjurkan untuk mengurangi kematian selama kehamilan maupun saat persalinan.

Asuhan kebidanan pada ibu hamil dengan 7 langkah Varney?

Pada pengkajian data menggunakan 7 langkah Varney: Pengumpulan data atau Pengkajian, Interpretasi data (Diagnosa Masalah, Kebutahan), Mengidentifikasi Diagnosa atau masalah Potensial, Intervensi, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, dan menggunakan data perkembangan dengan SOAP.

Apa saja sasaran pelayanan kebidanan?

Sasaran pelayanan kebidanan adalah individu, keluarga dan masyarakat, yang meliputi upaya peningkatan, pencegahan, penyembuhan dan pemulihan (Sofian, Madjid,dkk.2009;h. 19-20).

Apakah tujuan dari standar 6 pada standar asuhan kebidanan?

STANDAR VI : Pencatatan asuhan kebidanan 6. P adalah pentalaksanaan mencatat selutuh perencanaan dan penatalaksanaan yang sudah dilakukan seperti tindakan antisipatif, tindakan segera, tindakan secara komprehensif : penyuluhan, dukungan, kolaborasi evaluasi / follow up dan rujukan.

Apa itu 10 T dalam kebidanan?

â€Å“Pemeriksaan ANC Terpadu ini meliputi 10 komponen yang lebih dikenal dengan istilah 10 T, yaitu timbang berat badan dan ukur tinggi badan, ukur tekanan darah, penilaian status gizi, ukur tinggi fundus uteri, menentukan presentasi janin dan denyut jantung janin (DJJ), skrining dan pemberian Tetanus Toksoid (TT),

Apa itu K6 pada ibu hamil?

K6 adalah kontak ibu hamil dengan tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi klinis/kebidanan untuk mendapatkan pelayanan antenatal terpadu dan komprehensif sesuai standar selama kehamilannya minimal 6 kali selama kehamilannya dengan distribusi waktu: 2 kali pada trimester kesatu (0-12 minggu), 1 kali pada trimester

Apa itu K1 K2 K3 K4 ibu hamil?

K4 (Kontak minimal 4 kali selama masa kehamilan) Minimal 1 kali pada trimester I (K1), usia kehamilan 1-12minggu. Minimal 1 kali pada trimester II (K2), usia kehamilan 13-24 minggu. Minimal 2 kali pada trimester III, (K3-K4), usia kehamilan > 24 minggu.

Apa itu soap kebidanan?

Rekam medis SOAP adalah sarana yang digunakan oleh para tenaga medis untuk merekam informasi mengenai pasien. SOAP merupakan singkatan dari Subjective (Subjektif), Objective (Objektif), Assesment (Penilaian), dan Plan (Perencanaan).

Langkah 5 proses manajemen kebidanan adalah?

Langkah V(kelima) : Merencanakan Asuhan yang menyeluruh Langkah ini merupakan kelanjutan manajemen terhadap diagnosa atau masalah yang telah diidentifikasi atau diantisipasi, pada langkah ini informasi/ data dasar yang tidak lengkap dapat dilengkapi.

Bagaimana proses manajemen asuhan kebidanan?

Manajemen asuhan kebidanan merupakan suatu proses pemecahan masalah dalam kasus kebidanan yang dilakukan secara sistematis, diawali dari pengkajian data (data subjektif dan objektif) dianalisis sehingga didapatkan diagnosa kebidanan aktual dan potensial, masalah dan kebutuhan, adanya perencanaan, pelaksanaan hingga

Peran bidan ada berapa?

Bidan mempunyai tugas penting dalam konsultasi dan pendidikan kesehatan baik bagi wanita sebagai pusat keluarga maupun masyarakat umumnya, tugas ini meliputi antenatal, intranatal,postnatal, asuhan bayi baru lahir, persiapan menjadi orang tua, gangguan kehamilan dan reproduksi serta keluarga Page 2 berencana.

Apa saja tanggung jawab seorang bidan?

Tindakan inisiasi menyusui dini merupakan tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh setiap bidan “. Bidan dalam perannya sebagai tenaga kesehatan dikenal sebagai profesional yang bertanggung jawab yang bekerja sebagai mitra perempuan dalam memberikan dukungan yang diperlukan, asuhan dan nasehat selama kehamilan,

Apa Tujuan secara umum dari asuhan kebidanan komunitas?

Pelayanan kebidanan komunitas diarahkan “untuk mewujudkan keluarga yang sehat sejahtera sehingga tercipta derajat kesehatan yang optimal”. Hal ini sesuai dengan visi Indonesia Sehat 2010. Kesehatan keluarga merupakan salah satu kegiatan dari upaya kesehatan dimasyarakat yang ditujukan kepada keluarga.

Berapa jumlah ruang lingkup standar pelayanan kebidanan?

2.1.4.2 Ruang lingkup Standar Pelayanan Kebidanan. Menurut Depkes RI 2000, Standar pelayanan kebidanan adalah terdiri dari 25 standar, yang meliputi standar pelayanan umum dan standar pelayanan kebidanan termasuk di dalamnya adalah standar untuk penanganan kegawatdaruratan.

14 Langkah ANC?

Menurut Kusmiyati (2009), bahwa dalam penerapan praktek sering dipakai standart minimal perawatan Antenatal Care yang disebut “14 T”, yaitu : 1. Tinggi badan; 2. Timbang berat badan; 3. Ukur tekanan darah; 4. Ukur tinggi fundus uteri; 5. Pemberian imunisasi TT lengkap; 6. Pemberian tablet zat besi minimum 90 tablet

ANC yang diperiksa apa saja?

Di dalam melakukan pemeriksaan antenatal, tenaga kesehatan memberikan layanan ter-standart dengan 10 T :

  • Timbang berat badan dan ukur tinggi badan.
  • Ukur tekanan darah.
  • Ukur lingkar lengan atas / LILA ( Nilai status gizi )
  • Ukur tinggi fundus uteri.
  • Tentukan presentasi janin dan denyut jantung janin ( DJJ )

11 Pengertian asuhan kebidanan Images

Mahasiswi Jurusan Kebidanan Angkatan XVI Poltekkes Kemenkes Pontianak

Mahasiswi Jurusan Kebidanan Angkatan XVI Poltekkes Kemenkes Pontianak

FOLLOW SEBELUM MEMBACA Tinggal di panti asuhan sejak kecil hingg

FOLLOW SEBELUM MEMBACA Tinggal di panti asuhan sejak kecil hingg

Biodata Straykids

Biodata Straykids

HIATUS Jihoon tidak pernah tau kalo di panti asuhan yang ayahnya

HIATUS Jihoon tidak pernah tau kalo di panti asuhan yang ayahnya

Tentang Naysila gadis yang tinggal dipanti asuhan sejak kecil Gadis c

Tentang Naysila gadis yang tinggal dipanti asuhan sejak kecil Gadis c

Angelia Duvvesha adalah pengurus panti asuhan dibawah naungan salah s

Angelia Duvvesha adalah pengurus panti asuhan dibawah naungan salah s

IKA RIBUT  Kebidanan

IKA RIBUT Kebidanan

Pin on

Pin on

NeonPunch  Musik Profil Fakta menarik

NeonPunch Musik Profil Fakta menarik

Di sebuah panti asuhan bernama Cahaya Harapan terdapat 7 anak laki

Di sebuah panti asuhan bernama Cahaya Harapan terdapat 7 anak laki

Post a Comment for "Pengertian Asuhan Kebidanan"